September 3, 2018

Beberapa Jenis Penggunaan Pallet Plastik

Pallet plastik adalah jenis pallet yang sangat populer di masa kini oleh karena beberapa keunggulannya dibanding kayu atau jenis pallet lainnya. Selain untuk pengiriman freight forwarding, pallet ini digunakan di berbagai bidang lainnya. Berikut ini beberapa penggunaannya.

Pertanian

Penggunaan satu ini jarang di dengar, namun pallet plastik digunakan dalam industri pertanian. Salah satu alasannya adalah karena pallet ini lebih higienis sehingga bakteri tidak akan atau lebih sulit menyebar.

Para petani hanya menggunakan pallet plastik sekitar 28% saja pada tahun 1999. Akan tetapi, sekarang jumlah pallet plastik meningkat secara signifikan. Sekarang, industri pembibitan cukup banyak menggunakan pallet ini. Hal ini dikarenakan oleh ketahanannya terhadap sinar UV.

Beberapa industri pembibitan menggunakannya di bawah baki penyemaian dan pengembangbiakan. Apabila terjadi kerusakan yang umumnya disebabkan oleh human error, mereka dapat mendaur ulang pallet tersebut dan menggunakannya kembali.

 

Proses Pengolahan Makanan

Karena kebersihannya yang lebih unggul, industri pengolahan makanan juga menggunakan pallet satu ini. Pallet plastik adalah tipe yang tahan terhadap bakteri dan jamur, tidak seperti pallet kayu yang cukup rentan ditumbuhi jamur.

Selain itu, Anda juga bisa membersihkannya dengan mudah dan dapat Anda kembalikan (atau dikembalikan pada Anda). Pallet kayu yang sudah terkontaminasi harus dibuang, dan hal ini tentunya akan merugikan Anda.

Saat bicara tentang makanan, tentunya konsumen memiliki permintaan akan keamanan dan kebersihan. Sehingga pallet plastik semakin dicari dan dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Pallet plastik daur ulang juga ekonomis dan dapat memotong biaya yang semakin meningkat, terutama di negara atau daerah dengan sumber daya yang terbatas. Hutan-hutan juga tidak akan terus menerus ditebang untuk dijadikan pallet.

 

Gudang

Operasional gudang juga membuat permintaan pallet plastik meningkat. Hal ini karena pallet plastik memiliki kaki untuk menyangga beban muatan sebagai pengganti balok-balok yang umumnya digunakan pada pallet kayu jenis balok.

Anda juga lebih mudah menyesuaikan dan menangani pallet plastik. Sistem yang ada pada pallet plastik lebih mudah digunakan dan diatur daripada pallet kayu. Anda juga dapat menumpuknya untuk menghemat ruang gudang serta biaya pengiriman. Dengan pallet plastik, Anda juga tidak perlu khawatir akan matahari dan hujan.

 

Distribusi Bahan Makanan

Ketika Anda ingin mendistribusikan barang seperti bahan makanan, maka pallet plastik adalah salah satu pilihan terbaik untuk Anda. Umumnya, perjalanan pallet ini dimulai dari pabrik produsen, lalu pusat distribusi, dan yang terakhir adalah toko eceran. Industri bahan makanan, terutama yang kering biasanya menggunakan pallet ukuran 120×100 cm.

Ukuran ini sebenarnya adalah tiruan dari pallet kayu tradisional. Di Eropa, pallet plastik digunakan untuk menggantikan pallet kayu ukuran 120 x 80 cm. Dan umumnya, semua produk bahan pangan kecuali susu, daging, makanan beku atau barang dengan penjualan yang lambat menggunakan pallet kayu. Jika Anda menjual hal-hal tersebut, maka pallet plastik adalah pilihan yang aman digunakan.

Oleh karena itu, pallet plastik akan lebih memudahkan proses dagang dan melancarkan operasional perusahaan Anda. Untuk pallet yang berkualitas dan tahan lama, pastikan untuk mendapatkan pallet dari PT. Fajar Putra Plasindo.

Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Text Widget
Aliquam erat volutpat. Class aptent taciti sociosqu ad litora torquent per conubia nostra, per inceptos himenaeos. Integer sit amet lacinia turpis. Nunc euismod lacus sit amet purus euismod placerat? Integer gravida imperdiet tincidunt. Vivamus convallis dolor ultricies tellus consequat, in tempor tortor facilisis! Etiam et enim magna.