Februari 5, 2019

Apakah Anda Sudah Mengerti Arti Paletisasi?

Selama ini Anda sudah sering menjumpai kata pallet dan sudah akrab dengan kata tersebut serta mengetahui sedikit seputar pabrik pallet. Namun apakah Anda sudah mengetahui tentang paletisasi? Apa fungsi istilah itu?

Paletisasi biasanya berarti tindakan menempatkan produk kepada pallet untuk dikirimkan atau disimpan pada gudang logistik atau rantai pasok (supply chain). Umumnya, produk tersebut disusun dengan sistem yang dapat memaksimalkan jumlah produk dalam muatan namun susunannya tetap stabil sehingga tidak ada barang yang jatuh dan menghimpit barang lain.

Secara tradisional, paletisasi dilakukan secara manual, yaitu menggunakan tenaga buruh. Namun, teknologi sudah semakin berkembang dan sekarang tidak jarang Anda menemukan paletisasi dengan sistem otomasi atau dengan kata lain, menggunakan mesin.

Pentingnya melakukan paletisasi untuk menjamin keamanan dan kestabilan pallet

Ketika Anda melakukan paletisasi produk, Anda sejatinya mengubah beberapa produk kecil sebagai suatu muatan yang bisa dipindahkan sebagai satu unit. Tujuannya adalah untuk mencegah adanya pergerakan pada barang-barang kecil yang dapat membuat muatan tersebut jatuh, merusak produk, dan melukai staf. Supaya hal itu tidak terjadi, ikuti beberapa aturan dasar ini:

Isi boks produk hingga benar-benar penuh. Kotak kosong dapat terhimpit dan hancur ketika pallet sedang bergerak. Celah yang timbul akibat ujung boks yang terhimpit bisa menyebabkan tumpukan produk bergeser. Sehingga, pastikan tiap kotak terisi penuh baik dengan produk ataupun benda paking tambahan.

Bagi beban muatan dengan rata. Produk atau pak yang paling berat sebaiknya ditempatkan paling bawah dan beban produk tersebut juga harus disebarkan dengan rata dalam pallet.

Tumpuk kotak dengan rapat baik secara vertikal atau horisontal supaya tidak ada celah yang dapat menyebabkan kerusakan. Jika Anda menemukan celah, segera isi dengan lembaran karton.

Balut dengan rapat. Ketika produk sudah ditumpuk dengan rapat, gunakan tiga hingga lima lapis bungkus plastik untuk membalut produk serta pallet dengan aman. Jika dibutuhkan, gunakan karton untuk melindungi produk dan membuat muatan jauh lebih stabil.

Produk dengan paking yang kecil juga dapat dijadikan satu dalam kotak yang besar agar muatan bisa lebih stabil. Banyak produk yang bisa Anda masukkan pada kotak ukuran standar sehingga proses paletisasi bisa lebih mudah.

Apabila produk perusahaan Anda bersifat panjang atau memiliki bentuk yang tidak konvensional, proses paletisasi secara manual kemungkinan tidak bisa benar-benar rapi. Jika produk tersebut berupa peralatan mesin atau perlengkapan industri, maka menahan produk menggunakan strap adalah salah satu hal yang dapat Anda lakukan. Bila Anda sering mengirimkan produk seperti ini, maka lebih baik Anda membuat boks custom untuk paletisasi yang baik dan memastikan barang tersebut tetap aman sampai tujuan.

Selain melakukan paletisasi yang tepat untuk produk Anda, pastikan bahwa pallet yang Anda gunakan diproduksi dari pabrik pallet yang berkualitas dan terpercaya. PT. Fajar Putra Plasindo dapat menjawab berbagai macam kebutuhan pallet Anda dan kami adalah produsen pallet yang selalu dapat diandalkan. Untuk pallet terbaik bagi produk-produk Anda, hubungi tim kami sekarang juga!

Info ,

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Text Widget
Aliquam erat volutpat. Class aptent taciti sociosqu ad litora torquent per conubia nostra, per inceptos himenaeos. Integer sit amet lacinia turpis. Nunc euismod lacus sit amet purus euismod placerat? Integer gravida imperdiet tincidunt. Vivamus convallis dolor ultricies tellus consequat, in tempor tortor facilisis! Etiam et enim magna.