October 22, 2018

Tips Menentukan Pallet Plastik yang Pas

Apakah Anda memiliki sebuah usaha yang seringkali mengekspor atau mengirim produk? Jika iya, maka Anda tentu paham bahwa menggunakan pallet adalah hal yang sangat penting supaya produk Anda nanti akan sampai ke tangan konsumen dan supplier dengan baik.

Pada proses packaging, biasanya pallet adalah aspek yang cukup sering diabaikan dan tidak diperhatikan dengan baik. Padahal, benda ini adalah hal yang berperan penting pada beban unit. Menentukan tipe pallet plastik yang benar tentunya bukan hal sepele oleh karena alasan keamanan dan juga biaya.

5 Pertanyaan sebelum memilih pallet plastik yang Anda butuhkan

Berikut beberapa pertanyaan agar Anda dapat menemukan atau menentukan pallet yang benar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pallet dengan ukuran apa yang kira-kira Anda butuhkan?

Riwayat beban produk Anda dapat membantu Anda menentukan hal ini. Sebagai pemilik usaha, Anda perlu memastikan bahwa muatan yang Anda bebankan nanti akan mencakup pallet Anda secara menyeluruh tanpa melebihi dan menggantung di tepi. Dengan ini, Anda akan memaksimalkan ruangan dengan baik dan memperkecil resiko kerusakan pada produk.

Apakah pallet tersebut akan seringkali dikirim dan dikembalikan atau hanya dikirim sekali saja?

Jika pallet Anda akan dikembalikan dan dikirim kembali (dan seterusnya), maka pallet dengan bahan yang kokoh dan tahan lama seperti polyethylene atau PE adalah jenis yang lebih disarankan untuk perusahaan dan produk Anda.

Sebaliknya, jika Anda hanya akan mengirimkan produk beserta pallet dalam satu pengiriman saja tanpa return, maka Anda sebaiknya menggunakan bahan komposit seperti ACM (Advanced Composite Material). Harganya tidak mahal dan varian ini memang dirancang khusus untuk pengiriman yang sekali jalan saja.

Seberapa berat muatan maksimal yang akan ditanggung oleh pallet?

Semua pallet plastik akan memiliki keampuan menahan muatan yang berbeda-beda. Anda harus tahu seberapa berat produk Anda sehingga Anda dapat memilih pallet yang paling sesuai dan tidak merusak baik produk maupun pallet tersebut.

Konsultasikan hal ini kepada penyedia pallet sehingga Anda tidak akan salah pilih nantinya. Perusahaan berkualitas seperti Fajar Putra Plasindo akan melayani Anda dalam hal ini dengan senang hati.

Apakah Anda akan menumpuk pallet tersebut dengan sistem double stacking?

Jika Anda menggunakan sistem double stacking pada bagian atas dari muatan yang tidak sejajar atau tidak kokoh, maka sebaiknya Anda memiliki pallet runner dengan 3 kaki atau dasar pallet yang kuat. Bila tidak memungkinkan, gunakan alternatif yang lebih ekonomis seperti pallet plastik nestable varian 9 kaki.

Peralatan seperti apa yang akan digunakan untuk menangani pallet?

Anda perlu mengetahui dengan baik apakah pallet Anda nanti akan diangkat dan diangkut menggunakan forklift, hand pallet (hand jack), conveyor, atau peralatan lainnya. Segala peralatan ini akan mempengaruhi pallet plastik nantinya, sehingga lebih baik Anda memilih pallet yang benar daripada merugi di akhir.

Apakah Anda masih belum yakin tentang pallet mana yang terbaik untuk perusahaan Anda? Jangan ragu untuk menghubungi kami di kontak yang sudah tertulis di website ini. Tim Fajar Putra Plasindo selalu siap membantu Anda menemukan pallet plastik yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tips , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Text Widget
Aliquam erat volutpat. Class aptent taciti sociosqu ad litora torquent per conubia nostra, per inceptos himenaeos. Integer sit amet lacinia turpis. Nunc euismod lacus sit amet purus euismod placerat? Integer gravida imperdiet tincidunt. Vivamus convallis dolor ultricies tellus consequat, in tempor tortor facilisis! Etiam et enim magna.