June 20, 2018

Pilih Pallet Plastik Atau Pallet Kayu?

Pilih pallet plastik atau pallet kayu? Di Indonesia perusahaan, industri yang menggunakan palet kayu masih sangat banyak. Namun, malah lebih banyak dari mereka yang beralih ke pallet plastik tanpa mengetahui kelebihan dan efisiensinya. Bagi industri yang masih menggunakan pallet kayu ada baiknya mulai mempertimbangkan membeli produk ini dan menjual pallet kayu mereka. Berikut tips untuk memilih antara palet kayu atau palet plastik.

Ketahui perbedaan antara palet plastik dengan palet kayu

Pallet kayu secara jangka pendek memang lebih hemat dengan kemampuan daur ulangnya yang fleksibel. Mudah diperbaiki dan sangat murah ketimbang harga jual pallet plastik di pasaran, serta pada beberapa kasus bisa menahan berat yang lebih besar. Tapi pallet kayu lebih mudah rusak, rentan terhadap serangan rayap dan hama serangga lainnya serta terdapat pengikat dan paku yang dapat merusak produk diatasnya.

Sedangkan pallet plastik lebih tahan lama, memiliki durabilitas tinggi, bersih, anti serangga, tahan terhadap berbagai cuaca dan tidak terdapat benda negatif seperti paku atau pengikat besi yang biasa terdapat di palet kayu. Meski dipasaran harga belinya memang lebih mahal daripada palet kayu.

Pertimbangkan Bidang Industri Anda

Industri dengan produk bermobilitas tinggi dan produk yang mudah rusak sebaiknya memilih membeli pallet plastik daripada pallet kayu untuk efisiensi operasional. Perusahaan otomotif, pengolahan susu, farmasi dan industri beverage yang cerdas akan memilih pallet plastik untuk menghemat biaya operasional perusahaan.

Perhatikan Efek Pallet Plastik dan Palet Kayu Terhadap Lingkungan

pallet plastik memiliki keawetan, durabilitas dan kuat dalam umur yang panjang. Namun saat sangat rusak, produk ini sulit untuk diperbaiki. Sedangkan pallet kayu lebih mudah rusak, namun lebih mudah untuk didaur ulang dan diperbaiki.

Pertimbangkan Kerentanan Produk Industri Anda

Seperti yang telah diutarakan di atas, pallet kayu bukanlah murni terbuat dari kayu. Kebanyakan palet kayu dirangkai dengan gabungan paku besi dan pengikat baja (fastener). Ini bisa menjadi pertimbangan sendiri untuk memilih antara palet plastik atau pallet kayu. Karena pallet kayu dalam waktu yang lama tertindih suatu produk bisa mengurangi daya ikat fastener dan kerapatan paku perangkainya yang jelas berakibat negatif pada produk Anda.

Info, Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Text Widget
Aliquam erat volutpat. Class aptent taciti sociosqu ad litora torquent per conubia nostra, per inceptos himenaeos. Integer sit amet lacinia turpis. Nunc euismod lacus sit amet purus euismod placerat? Integer gravida imperdiet tincidunt. Vivamus convallis dolor ultricies tellus consequat, in tempor tortor facilisis! Etiam et enim magna.