October 1, 2018

Kesalahan Umum Rusaknya Pallet Plastik dan Muatannya

Meskipun pallet plastik adalah jenis yang lebih kokoh dibandingkan kayu, beberapa kesalahan juga dapat memperpendek umur dan masa servis pallet tersebut serta muatannya. Ketahui kesalahan tersebut supaya Anda dapat menghindari kerusakan di masa yang akan datang.

1. Berbalik sebelum garpu forklift benar-benar mengosongkan pallet.

Selalu pastikan bahwa garpu forklift sudah tidak mengangkat pallet plastik sebelum berbalik.

2. Mengangkat pallet terlalu rendah.

Ketika Anda mengangkat terlalu rendah, akan ada kemungkinan bahwa pallet dan muatannya akan membentur tanah/permukaan ketika forklift sedang berjalan di daerah yang tidak rata. Menyetir forklift di area yang landai juga akan memiliki masalah yang sama.

3. Melempar atau menyorong pallet plastik ketika tidak perlu atau membiarkannya tergeletak.

Membiarkan pallet berbaring begitu saja akan menimbulkan resiko kecelakaan dan situasi berbahaya lainnya. Ketika anda melempar dan menyorong pallet di atas tanah/permukaan, maka pallet plastik tersebut akan sangat mudah mengalami kerusakan.

4. Garpu tidak lurus horisontal dan muatan berada terlalu jauh.

Saat Anda memastikan bahwa garpu forklift sudah dalam posisi yang benar saat loading, bongkar muat, menaikkan dan meletakkan pallet plastik, maka Anda sudah mencegah kerusakan yang tidak seharusnya akan terjadi.

5. Panjang garpu yang salah.

Ketika garpu forklift terlalu panjang dan terlalu terlihat menonjol, maka peluang kerusakan muatan akan jadi lebih besar. Ketika muatan diletakkan terlalu jauh di ujung garpu, kemungkinan muatan yang terbalik juga dapat terjadi dan hal ini sangat merugikan pallet plastik.

6. Jarak antar garpu yang salah.

Jarak antara garpu juga sangat berperan dalam memastikan stabilitas transportasi forklift tersebut. Untuk hasil optimal, jarak antar garpu seharusnya sekitar 60% dari lebar pallet.

7. Cara menumpuk pallet plastik yang tidak benar.

Menumpuk pallet plastik harus dilakukan secara merata dan diberi aksesoris pendukung yang benar. Perhatikan juga batas penumpukan pallet supaya Anda tidak merusak pallet tersebut pada akhirnya.

8. Memberi beban statis yang salah pada pallet.

Beban statis adalah muatan maksimal yang dapat ditahan oleh pallet plastik ketika diletakkan pada permukaan yang rata. Ketika ada beberapa pallet yang ditumpuk, maka berat totalnya akan menentukan beban yang diterima oleh pallet yang paling bawah. Jika Anda tidak mengetahui hal ini atau salah menerka, maka pallet yang paling bawah akan sangat mudah rusak.

9. Beban dinamis pallet plastik yang terlalu tinggi.

Beban dinamis adalah beban maksimal pallet saat dimuatkan dan dipindahkan oleh forklift atau truk pallet dalam beban yang sama rata. Efeknya kurang lebih sama seperti pada poin nomor 8.

Sebagai pengguna, Anda tentu ingin bahwa pallet yang sudah Anda beli tidak akan merugikan perusahaan bukan? Dengan tips-tips di atas, Anda dapat semakin mengurangi tingkat kerusakan pallet yang tidak diinginkan.

Untuk informasi lebih mengenai pallet plastik dan cara merawatnya supaya awet dan tahan lama, jangan ragu untuk menghubungi tim PT. Fajar Putra Plasindo sekarang juga.

Info , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Text Widget
Aliquam erat volutpat. Class aptent taciti sociosqu ad litora torquent per conubia nostra, per inceptos himenaeos. Integer sit amet lacinia turpis. Nunc euismod lacus sit amet purus euismod placerat? Integer gravida imperdiet tincidunt. Vivamus convallis dolor ultricies tellus consequat, in tempor tortor facilisis! Etiam et enim magna.